PETA FMIPA UI


View Universitas Indonesia in a larger map

Kamis, 26 November 2009

membuat daftar isi selalu sejajar

Dalam penulisan sebuah laporan atau makalah, salah satu finishing akhirnya adalah membuat daftar isi dari tulisan tersebut. dalam microsoft office 2007, telah tersedia template yang mengotomatisasi pembuatan daftar isi termasuk bab dan sub-babnya. dengan syarat bab dan sub babnya telah ditentukan sejak awal. untuk tulisan kali ini, kita tidak menggunakan fasilitas itu sob, tapi menggunakan fasilitas macro. dengan fasilitas macro ini, scriptnya bisa diterapkan di MS Office '07 maupun '03.

uokeh langsung aja bro, untuk memudahkan dalam mempelajarinya, silahkan download dulu scipt macro disini dan video tutorial penggunaannya disini . tutorialnya dibuat di office '07, kalo di '03 tinggal penyesuaian aja. sama aja) langkah pengerjaannya gini (oia sebaiknya dibaca sambil nonton videonya) :
  1. cara ke makronya kalo di '03 Pilih Tools - Macro - Macros. kalo di '07 langsung pilih menu bar view, terus tengoklah pojok kanan. akan ada icon macros. terus pilih view macros.Nah kalo dah muncul Window Macros ketikkan nama Macros yang mau dibuat (co:daftarisi) di tempat yang tersedia. Kalo udah pencet tombol Create.nanti akan ada tempat untuk mengetikkan kode program Macro yang mau kita buat. nah di editor itu ketik kode dibawah ini (diantara Sub Daftar() sampai EndSub). jangan sampe salah. tinggal copipaste aja dari script macro yang dah didownload.

cara menjalankannya tinggal pencet tombol tab aja.. nanti jadinya kayak dibawah ini (jadi garis) bab1___________________1 kalo mau jadi titik-titik bab1......................................1 Maka kode ”Leader:=wdTabLeaderLines” diganti dengan “Leader:=wdTabLeaderDots” (tulisan Lines diganti Dots).

2. Kalo udah nge coding-nya Pilih Debug terus Compile Normal selanjutnya, Klik Save dan tutup editor VB-nya.berikutnya adalah cara bikin ikon tombolnya supaya ga ribet : tengokloah ke bar atas, di sebelah tombol undo redo, ada tanda panah kebawah. di klik terus pilih more commands, atau bisa juga ke logo windows terus pilih word option terus pilih costumize di di bar sebelah kiri. nanti di bar sebelah kanan. ada option choose commands from. nah kan tadinya popular commads, diganti jadi Macros. nanti akan muncul :Normal.NewMacros.daftarisi.

3. diklik aja terus pilih add. nanti dia akan muncul di kolom sebelahnya (quick acces toolbar) di select lagi terus pilihmodify, ganti icon yang diinginkan dan ganti namanya terserah mau dinamain apa. daftar isi atau apa kek. udah jadi deh, tinggal pake. nanti di kanan atas akan muncul iconnya. kalo kita mau pake tinggal klik tombolnya terus tulis nama yang mau dijadiin daftar isi terus pencet tab. langsung beres. kalo mau di ganti jadi titik atau line, tinggal ke view lagi, terus pilih macronya terus di edit kayak cara yang diatas, terus save, baru deh pencet lagi iconnya. terus teken tab

4. kalau icon yang tadi udah kita klik gak di klik lagi, nanti setiap kita klik tab yang muncul jadinya titik atau garis bukan paragraf baru, so di inget-inget yo..

gutlak, moga-moga berhasil sobat

2 komentar:

Ide Lady mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ide Lady mengatakan...

Asw. Amri...wah keren banget postingannya...
Gw udah berhasil bikinnya. Mantabss Gan...
Thank u yah...ilmunya bermanfaat bangets deeh..

Tapi sobat, ada yg pengen gw tanya nih,
kan lu bilang abis diklik icon nya buat bikin titik2, diklik lagi iconnya biar ga kluar titik2nya. Tp yg gw hadapi malah terus2an kluar titik2. Klo ga bikin baru lagi (new document), tuh titik2 ga bakal berhenti. Nah mohon pencerahannya Suhu Amri...

Selain itu, gw jg mo tanya, klo cara ini bisa dipake buat semua MS Office ga, misalnya Excel, Power Point, Publisher, etc...?

Thanks a lot Suhu.. :)

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com
modified by :amreecihuy_yeah